peran orangtua dalam membentuk karakter religius pada remaja berkebutuhan khusus di kabupaten banyumas

Ghina, Fuadza Nurliana (2024) peran orangtua dalam membentuk karakter religius pada remaja berkebutuhan khusus di kabupaten banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PERAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maraknya kasus yang dilakukan oleh remaja baik remaja berkebutuhan khusus mauoun remaja normal yang menjadi pelaku maupun korban tindak kriminal, sehingga perlu adanya pembentukan karakter terutama membentuk karakter religius, remaja berkebutuhan perlu adanya pendampingan khusus agar menjadi sosok individu yang berkarakter religius yang baik, hal ini tidak terlepas dari kontribusi peran orangtua didalam membentuk karakter religius, dengan adanya peran orangtua yang berjalan dengan baik maka perilaku yang ditampilkan remaja berkebutuhan khusus tersebut baik, beretika, dan bermoral, untuk itu penelitian ini berusaha mendeskripsikan peran orangtua dalam membentuk karakter religius pada remaja berkebutuhan khusus di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, peneliti mengungkapkan fakta-fakta yang ada dilapangan menggunakan alat instrumentasi berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, pengumpulan data yang diperoleh akan disaring kembali untuk mendeskripsikan tujuan dari penelitian ini dibuat. Terdapat Batasan penelitian ini yaitu remaja yang memiliki klasifikasi tunagrahita(downsyndrom) dan tunarunguwicara. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran orangtua dalam membentuk karakter religius pada remaja berkebutuhan khusus di Kabupaten banyumas yaitu peran orangtua sebagai pendidik, seperti mengajarkan anak mengenai adab dan tuntutan kewajiban untuk taat kepada ajaran agama, peran orangtua sebagai motivator berusaha mendukung dalam pengembangan potensi khususnya pada potensi agama, fasilitator berusaha memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan potensi agama, keteladanan berusaha menampilkan sebagai figure contoh yang baik, Adapun hambatan yaitu terkait dengan komunikasi bagi tunarungu, dan permasalahan pengendalian emosi terhadap tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua, Karakter Religius, Remaja Berkebutuhan Khusus, Banyumas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ghina Fuadza Nurliana sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:53
Last Modified: 12 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item