IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA INKLUSI SDN 1 TANJUNG KABUPATEN BANYUMAS

BB SALMA, ABIDAH NUR ARDELIA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA INKLUSI SDN 1 TANJUNG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BB Salma Abidah Nur Ardelia_Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi Siswa Inklusi SDN 1 Tanjung Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka berisi serangkaian pembelajaran intrakulikuler yang menyajikan lingkungan belajar aktif, serta bebas, dimana siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dan menyelidiki suatu topik. Pembelajaran dengan kurikulum merdeka ini mempunyai makna seorang peserta didik yang berkebebasan dalam bereksplorasi, memilki hak yang sama, berpikir dan bertindak dari berbagai sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti bagi siswa inklusi di SDN 1 Tanjung Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan strategi pendekatan studi kasus, dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep ataupun teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti bagi siswa inklusi sudah dimulai dua tahun ini dengan cara bertahap dan sudah berjalan dengan baik walaupun belum maksimal. Hal ini dapat dilihat pada tahapan perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan perencanaan Kemendikbud. Kemudian pada tahapan implementasi Kurikulum Merdeka proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti bagi siswa inklusi dengan memberikan bimbingan pada saat pembelajaran. Dan terakhir tahapan asesmen Kurikulum Merdeka dengan melakukan asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif yang pelaksanannya disesuaikan dengan siswa inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Inklusi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: BB Salma Abidah Nur Ardelia sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:57
Last Modified: 12 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25674

Actions (login required)

View Item View Item