ANALISIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RUWATAN BUMI DI DESA BINANGUN KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP

Sekar, Arum Pramusti (2024) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RUWATAN BUMI DI DESA BINANGUN KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SEKAR ARUM PRAMUSTI_ANALISIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RUWATAN BUMI DI DESA BINANGUN KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan proses pelaksanaan tradisi ruwatan bumi di desa Binangun, dan menjelaskan serta menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam tradisi ruwatan bumi di Desa Binangun Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendeketan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non-partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan tradisi ruwatan bumi di Desa Binangun Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap dilaksanakan dua kali dalam setahun, yakni di bulan Muharram dan Dzulqa’dah. Penelitian kali ini bertepatan dengan bulan Dzulqa’dah yang bertempat di Balai Desa Binangun. Prosesi tradisi ruwatan bumi di antaranya yaitu pengabulan, kepungan, dan pertunjukkan wayang ruwat. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat seperti perangkat desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga Desa Binangun. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tradisi Ruwatan Bumi mencakup nilai pendidikan aqidah, ibadah, dan akhlak. Nilai pendidikan Aqidah berupa pengajaran tauhid illahiyyah dan tauhid rububiyyah. Nilai pendidikan ibadah mencakup nilai pendidikan dalam ibadah mahḍah dan ghairu mahḍah yakni tercermin pada pembacaan tahlil, doa bersama, dan sedekah. Nilai pendidikan akhlak tercermin pada pelaksanaan musyawarah desa, menjaga dan memlihara lingkungan, bertawakkal dan berserah diri pada Allah SWT, serta silaturrahmi sesama warga masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Ruwatan Bumi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sekar Arum Pramusti sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:11
Last Modified: 12 Jul 2024 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25667

Actions (login required)

View Item View Item