ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI MI MUHAMMADIYAH SINGASARI TAHUN 2023

DIAS, SAFINATUNNAJAH FAJRI (2024) ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI MI MUHAMMADIYAH SINGASARI TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIAS SAFINATUNNAJAH FAJRI_ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI MI MUHAMMADIYAH SINGASARI TAHUN 2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) berfungsi sebagai alat evaluasi untuk menilai mutu sekolah, kualitas pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik di tingkat pendidikan dasar dan menengah. ANBK tidak digunakan sebagai kriteria kelulusan peserta didik, melainkan untuk mengukur dan memetakan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan ANBK di MI Muhammadiyah Singasari dengan fokus pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan hasilnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, pelaksanaan ANBK di MI Muhammadiyah Singasari berjalan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional. Hasil ANBK tahun 2023 menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi, yang mencerminkan peningkatan kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Survei karakter yang mencerminkan kompetensi sikap berdasarkan profil pelajar Pancasila mengalami penurunan, sedangkan survei lingkungan belajar dalam kategori baik. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan ANBK yang berasal dari peserta didik dan sekolah. Sekolah berupaya mengatasi kendala-kendala tersebut sebagai bahan evaluasi agar pelaksanaan ANBK di tahun-tahun berikutnya dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Asesmen Nasional, ANBK, Kendala Pelaksanaan ANBK
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dias Safinatunnajah Fajri sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:09
Last Modified: 12 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item View Item