IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM PERSPEKTIF AGIL PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP (Studi Kasus di MI Al Hikmah 02 Kawunganten Lord an MI Nurul Huda Grugu)

Ahmad, Hidayatulloh (2024) IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM PERSPEKTIF AGIL PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP (Studi Kasus di MI Al Hikmah 02 Kawunganten Lord an MI Nurul Huda Grugu). Masters thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM PERSPEKTIF AGIL PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Hidayatulloh, Implementasi Budaya Literasi Dalam Perspektif Agil Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap (Studi Kasus Di Mi Al Hikmah 02 Kawunganten Lor Dan Mi Nurul Huda Grugu). Tesis, Purwokerto: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. 2024 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya minat membaca bagi siswa pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah, yang memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan akademik dan kehidupan mereka secara keseluruhan. Membaca merupakan keterampilan fundamental yang membantu siswa memperoleh pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Namun, pada beberapa kasus, terutama di lingkungan sekolah-sekolah dasar di daerah pedesaan atau perkotaan yang kurang berkembang, minat membaca siswa cenderung rendah. peneitian ini bertujuan untuk:Menganalisis dan mendeskripsikan implementasi literasi culture siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian dan pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari subjek penelitian, yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik dan objek penelitian, yaitu implementasi lliterasi culture siswa di kecamatan kawunganten kabupaten cilacap. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles, Hubberman dan Saldana yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Gerakan budaya literasi MI di Kecamatan Kawunganten telah berhasil menerapkan teori AGIL dengan sukses. Adaptasi terhadap budaya literasi lokal, penetapan tujuan jelas untuk meningkatkan literasi siswa, integrasi kurikulum literasi dalam seluruh mata pelajaran, dan komitmen guru untuk menjaga dan mengembangkan budaya literasi menjadi faktor kunci keberhasilan. Dengan pendekatan ini, sekolah menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan adaptif, meneguhkan peran penting sekolah dalam membentuk budaya literasi yang kuat dan berkelanjutan. Kata Kunci: Implementasi, Literasi, Culture. ABSTRACT Ahmad Hidayatulloh. (2024). Implementation Of Literacy Culture In An Agil Perspective In Madrasah Ibtidaiyah Students In Kawunganten District, Cilacap Regency (Case Study At Mi Al Hikmah 02 Kawunganten Lor And Mi Nurul Huda Grugu). Thesis, Purwokerto: Teacher Education in Madrasah Ibtidaiyah, Postgraduate Program, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. This research is motivated by the awareness of the importance of reading interest among students at the Madrasah Ibtidaiyah level, which significantly impacts their academic development and overall lives. Reading is a fundamental skill that helps students acquire knowledge, broaden their horizons, enhance critical thinking skills, and develop communication abilities. However, in some cases, especially in primary schools in underdeveloped rural or urban areas, students' interest in reading tends to be low. This study aims to analyze and describe the implementation of student literacy culture in Madrasah Ibtidaiyah in Kawunganten District, Cilacap Regency. The type of research and research approach is descriptive qualitative. Data sources in this study were obtained from research subjects, namely school principals, classroom teachers, and students, and the research object was the implementation of student literacy culture in Kawunganten District, Cilacap Regency. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques followed Miles, Hubberman, and Saldana's methods: data condensation, data presentation, and conclusion/verification. The literacy culture movement in Madrasah Ibtidaiyah in Kawunganten District has successfully implemented the AGIL theory. Adaptation to local literacy culture, clear goals to improve student literacy, integration of literacy curriculum across all subjects, and teacher commitment to maintain and develop literacy culture are key success factors. With this approach, schools create a conducive and adaptive learning environment, reinforcing the crucial role of schools in shaping a strong and sustainable literacy culture. Keywords: Implementation, Literacy, Culture.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wawan Irianto sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:25
Last Modified: 12 Jul 2024 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25651

Actions (login required)

View Item View Item