UPAYA MOMPRENEUR DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Pemilik Stockist NASA Purbalingga

Hany, Zahrotin Nisa (2024) UPAYA MOMPRENEUR DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Pemilik Stockist NASA Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HANY ZAHROTIN NISA_Upaya Mompreneur dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Pemilik Stockist NASA Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena mompreneur yang ikut serta membantu perekonomian keluarga dimana secara umum pandangan masyarakat bahwa tugas suami dalam rumah tangga sebagai kepala keluarga yaitu pencari nafkah, sedangkan seorang istri adalah sebagai ibu rumah tangga. Seperti pemilik Stockist NASA di Purbalingga yang memilih membantu perekonomian keluarga dengan menjadi Stockist di rumah agar bisa mengurus rumah tangga. Sehingga mengakibatkan peran ganda bagi istri. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok: Bagaimana upaya mompreneur dalam mewujudkan keluarga sakinah? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan penelitian lapangan, adapun pengambilan data digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan indikator keluarga sakinah dari Kementrian Agama R.I. Penelitian ini menunjukan bahwa Stockist NASA Purbalingga mengalami Peran ganda dimana fenomena istri sebagai mompreneur sudah menjadi hal biasa. Mompreneur yang mempunyai peran ganda telah mengupayakan agar keluarganya bisa memenuhi indikator sebagai keluarga sakinah. Berdasarkan 5 kategori bentuk keluarga sakinah yaitu pra keluarga sakinah, keluarga sakinah I, keluarga sakinah II, keluarga sakinah III, keluarga sakinah III Plus keluarga pemilik Stockist NASA belum bisa memenuhi kelima indikator Keluarga sakinah tersebut, mereka masuk kedalam kategori keluarga sakinah III. Tetapi ada satu tolak ukur tambahan di poin terakhir yang belum dilaksanakan oleh pemilik Stockist NASA Purbalingga yaitu melaksanakan ibadah haji secara baik dan benar. Kata kunci: Mompreneur, Upaya, Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hany Zahrotin Nisa sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:05
Last Modified: 12 Jul 2024 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item View Item