Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Sudents Have Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI MAN 2 Brebes

Wilda Nur, Fauziyah (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Sudents Have Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI MAN 2 Brebes. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
WILDA NUR FAUZIYAH_PENGARUH STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XI MAN 2 BREBES.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MAN 2 Brebes. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan strategi pembelajaran aktif Question Students Have, yang mendorong siswa untuk mengungkapkan materi yang kurang dipahami dan bertanya tanpa merasa malu. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dan memusatkan perhatian mereka pada materi yang diajarkan, sehingga memperbaiki pemahaman konsep matematis mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi question students have terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi barisan dan deret siswa kelas XI MAN 2 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Desaign (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI MIPA 5, XI MIPA 6, XI MIPA 7. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 6 yang berjumlah 63 siswa. Analisis data menggunakan N-Gain dan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil N-Gain kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 0,6973 lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,4068. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran question students have berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi barisan dan deret siswa kelas XI MAN 2 Brebes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Pemahaman Konsep, Question Students Have.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Wilda Nur Fauziyah sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:52
Last Modified: 12 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item