IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM KHUSUS BERBASIS PESANTREN DI SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN KAB.CILACAP

Muadi, Al Khusna (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM KHUSUS BERBASIS PESANTREN DI SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN KAB.CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifiddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muadi Al Khusna_Implementasi Kurikulum Program Khusus Berbasis Pesantren di SMA Ya BAKII 1 Kesugihan Kab. Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Krisis multidimensi yang dihadapi masyarakat saat ini menjadi keprihatinan dan tantangan bagi pendidikan di Indonesia, penting bagi lembaga pendidikan untuk ikut andil dalam mengatasi hal tersebut dengan membentuk generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan peduli antar sesama. Salah satu bentuk upayanya yaitu melalui kurikulum program khusus berbasis pesantren. SMA Ya BAKII 1 Kesugihan merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum program khusus berbasis pesantren berupa mata pelajaran yang meliputi: Aswaja, Akhlak, Akidah, Hadist, Qur’an, dan Syariah. Tujuan dari penelitan ini adalah memperoleh informasi dan mendeskripsikan mengenai implementasi kurikulum program khusus berbasis pesantren di SMA Ya BAKII 1 Kesugihan Kab. Cilacap. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan dilakukan dengan pendekatan grass roots approach dan menggunakan landasan sosiologis. Kedua, pengorganisasian dilaksanakan menggunakan jenis pengorganisasian core curriculum dan dengan langkah-langkah berikut: (1) analisis kebutuhan; (2) menentukan waktu; (3) menentukan personil dan stakeholder. Ketiga, pelaksanaan dilakukan dengan melalui tiga tahap pembelajaran yaitu: (1) tahap pembuka; (2) tahap inti; (3) tahap penutup. Keempat, evaluasi yang dilakukan dengan model pencerahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Program Khusus Berbasis Pesantren
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muadi Al Khusna sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:03
Last Modified: 12 Jul 2024 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25602

Actions (login required)

View Item View Item