PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KALIPUTIH KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Galih, Latiano (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KALIPUTIH KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
GALIH LATIANO_PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KALIPUTIH KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di SD Negeri Kaliputih kecamatan Purwojati kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kaliputih, di mulai dari cara penerapan Kurikulum Merdeka yang terdiri dari persiapan guru, cara pelaksanaan dan cara penilaian, kemudian permasalahan yang dihadapi serta upaya-upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kurikulum Merdeka ialah kurikulum baru dengan landasan sebagai penyempurna dari Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek SD Negeri Kaliputih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru kelas, serta siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka terdiri dari 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, ditambah dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kemudian permasalahan yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurangnya keikutsertaan guru dalam pelatihan dan workshop Kurikulum Merdeka, praktik pembelajaran berdiferensiasi yang masih kurang maksimal, kurangnya pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran, guru masih lemah dalam merancang perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka, dan mindset guru terhadap Kurikulum Merdeka yang belum berubah Sehingga upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan guru mengikuti workshop dan pelatihan, meningkatkan kreativitas sebagai seorang guru dan sharing kepada sesama guru, mengeksplorasi berbagai gaya mengajar, serta mendatangkan narasumber sebagai mitra dalam pembelajaran. Kata Kunci: Penerapan Kurikulum Merdeka, Permasalahan, Upaya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum Merdeka, Permasalahan, Upaya
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Galihi Latiano sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:01
Last Modified: 12 Jul 2024 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item