ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DENGAN PENDEKATAN MATRIKS IFAS EFAS (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO)

Putri, Eli Safitri (2024) ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DENGAN PENDEKATAN MATRIKS IFAS EFAS (STUDI KASUS PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUTRI ELI SAFITRI_Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Dengan Pendekatan Matriks IFAS EFAS (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, lembaga keuangan dituntut untuk selalu berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan nasabah. Oleh karena itu diperlukannya perancangan strategi pemasaran yang sesuai dengan masing-masing kebutuhan perusahaan. Ada perusahaan yang mungkin lebih berfokus pada keunggulan produknya, sementara perusahaan yang lain lebih berfokus pada pelayanan pelanggan yang baik dan penetapan harga yang bersaing. Sementara itu Analisis SWOT dengan pendekatan matriks IFAS EFAS merupakan metode yang efektif untuk menentukan strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat memberikan pandangan secara komprehensif tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan, serta membantu dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif deskriptif yang berfokus pada strategi pemasaran produk tabungan emas. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan partisipatif, tujuan dari teknik ini adalah untuk memahami implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto terhadap produk tabungan emas dalam meningkatkan jumlah nasabah. Strategi pemasaran yang diterapkan Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage yaitu menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P (product, price, place dan promotion). Berdasarkan hasil analisis SWOT pada produk tabungan emas berada di posisi kuadran I. Posisi tersebut merupakan posisi yang sangat menguntungkan pihak Pegadaian Syariah dengan cara menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan secara agresif (growth oriented strategy). Matriks IFAS mendapat nilai 3,47, sedangkan Matriks EFAS mendapat nilai 3,63. Nilai total skor untuk masing-masing faktor dapat dirinci sebagai berikut: Strenghts 0,55 Weakness 0,40 Opportunities 0,71 dan Threats 0,24. Sehingga dapat diketahui nilai strengths diatas nilai weakness selisihnya sebesar 0,15 kemudian nilai opportunities diatas nilai threats selisihnya sebesar 0,47.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Tabungan Emas, SWOT, Matriks IFAS EFAS
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.08 Banking & Insurance Law
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Putri Eli Safitri
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:19
Last Modified: 12 Jul 2024 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25576

Actions (login required)

View Item View Item