BIMBINGAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN DALAM PENCEGAHAN PERCERAIAN DI KUA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Rina, Mulyani (2024) BIMBINGAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN DALAM PENCEGAHAN PERCERAIAN DI KUA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rina Mulyani_Bimbingan Pranikah Bagi Calon Pengantin Dalam Pencegahan Perceraian di KUA Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bimbingan pranikah merupakan suatu pemberian bantuan berupa nasehat dan ilmu pengetahuan terkait pernikahan yang diberikan oleh penyuluh agama kepada calon pengantin untuk dijadikan bekal ilmu dalam berumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan bimbingan pranikah sebagai langkah preventif dalam mencegah perceraian dan membangun fondasi pernikahan yang kuat. Studi ini dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kembaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di KUA Kecamatan Kembaran tidak menyediakan bimbingan individu namun menyediakan bimbingan pranikah secara mandiri dalam memberikan bekal kepada calon pengantin untuk menghadapi tantangan dalam pernikahan, seperti komunikasi yang baik, pengelolaan konflik, dan pemahaman nilai-nilai agama. Kata Kunci : Bimbingan Pranikah, Perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah, Perceraian.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rina Mulyani sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:16
Last Modified: 12 Jul 2024 01:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item View Item