PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDIT BINA INSAN KAMIL SIDAREJA KABUPATEN CILACAP

Nur Rohimah, Siti Husaeni (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDIT BINA INSAN KAMIL SIDAREJA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI HUSAENI NUR ROHIMAH_PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDIT BINA INSAN KAMIL SIDAREJA KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya meningkatkan kinerja guru dipengaruhi oleh peran kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin di sekolah. Kepala sekolah bertanggungjawab terhadap pengelolaan sumber daya sekolah, khususnya sumber daya manusia seperti tenaga kependidikan. Dalam konteks ini, kepala sekolah dituntut untuk mampu mengarahkan dan meningkatkan kinerja guru sehingga tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap, fokus informasi pada penelitian ini berasal dari kepala sekolah dan guru di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru dilaksanakan dengan melihat fungsi dan tugas kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Kepala sekolah melakukan langkah-langkah dalam peningkatan kinerja guru melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan susasana kerja, kedisiplinan, dorongan atau motivasi dan penghargaan, serta pengembangan pusat belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SITI HUSAENI NUR ROHIMAH sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:53
Last Modified: 12 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item View Item