PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN SIKAP PENGGUNA TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEER TO PEER LENDING PADA UMKM SENTRA GROSIR CIKARANG BEKASI

Siti, Nurjanah (2024) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN SIKAP PENGGUNA TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEER TO PEER LENDING PADA UMKM SENTRA GROSIR CIKARANG BEKASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURJANAH (2017202265).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendominasi sektor usaha, mencakup 99% dari total unit usaha. UMKM berperan signifikan dalam ekonomi dengan kontribusi 60,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 96,9% tenaga kerja nasional. Namun, sekitar 60%-70% UMKM kesulitan mendapatkan akses dan pendanaan dari lembaga perbankan untuk modal usaha mereka. Fintech, seperti peer to peer lending, hadir sebagai solusi alternatif untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM dalam menggunakan layanan kredit fintech. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pelaku UMKM yang pernah menggunakan pinjaman online peer to peer lending di Sentra Grosir Cikarang Bekasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner dan wawancara dan analisa data menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square 3.0 (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, kemudahan, kepercayaan dan sikap pengguna berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pengambilan kredit. Hasil koefisiensi determinasi dalam penelitian ini sebesar 60,3%. Hal ini berarti variabel keputusan pengambilan kredit dijelaskan oleh variabel persepsi kegunaan, kemudahan, kepercayaan, dan sikap pengguna sebesar 60,3%, sedangkan sisanya 39,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Saran pada penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel yang belum tertera seperti tingkat suku bunga, keamanan dan risiko tehadap keputusan pengambilan kredit online peer to peer lending.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer to Peer Lending, TAM dan UMKM.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Nurjanah sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:37
Last Modified: 12 Jul 2024 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25542

Actions (login required)

View Item View Item