Implementasi Metode Hanifida Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia Dini Anak Usia Dini Di RA Nahdlatul Atfal Karangmangu

Winda, Nur Faizah (2024) Implementasi Metode Hanifida Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia Dini Anak Usia Dini Di RA Nahdlatul Atfal Karangmangu. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Winda Nur Faizah_ Implementasi Metode Hanifida Dalam Menghafal Asmaul Husna Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia Dini di RA Nahdlatul Atfal Karangamangu.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghafal asmaul husna akan menjadi sesuatu yang sulit bagi anak usia dini karena memang asmaul husna ini memiliki jumlah yang cukup banyak, yaitu 99. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat dalam menghafal asmaul husna ini. Metode hanifida ini memiliki konsep dengan bernyanyi kemudian diiringi oleh gerakan yang sederhana. Metode ini sangat membangun daya pikir anak karena mengganungkan antara pelafalan asmaul husna serta artinya yang diperagakan oleh gerakan tangan. RA Nahdlatul Atfal Karangmangu menggunakan Metode Hanifida dalam menghafal asmaul husna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk meningkatkan daya ingat anak usia dini di RA Nahdlatul Atfal Karangmangu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode hanifida dalam mengahafal asmaul husna. Penelitian menghasilkan data bahwa RA Nahdlatul Atfal Karangmangu dalam menerapkan menghafal asmaul husna menggunakan metode hanifida melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan guru mengikuti pelatihan penggunaan metode hanifida kemudian kegiatan menghafal asmaul husna menggunakan metode hanifida sudah berjalan 4 tahun dan terdapat dalam kurikulum. Selanjutnya dalam tahap pelaksanaan yaitu melafalkan nama dan arti menggunakan lagu khasnya dan gerakan yang menunjukan arti yang telah dikonsep oleh metode hanifida dan anak menirukannya secara langsung dan dilakukan berulang-ulang kali. Pada tahap evaluasi guru-guru di RA Nahdlatul Atfal melakukan pengamatan secara langsung guna mengetahui seberapa banyak anak yang sudah memahami dan belum memahami asmaul husna beserta gerakannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa menghafal asmaul husna menggunakan metode hanifida dapat membuat daya ingat anak semakin kuat, siswa juga antusias dalam mengikuti kegiatan menghafal menggunakan metode hanifida ini menjadi lebih menyenangkan. Kata Kunci : Menghafal, Asmaul Husna, Metode Hanifida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menghafal, Asmaul Husna, Metode Hanifida
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Winda Nur Faizah sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:58
Last Modified: 11 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25524

Actions (login required)

View Item View Item