IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING MELALUI POWERFULL ICE BREAKING PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KARANGSALAM KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Anis, Nafingatun Najifah (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING MELALUI POWERFULL ICE BREAKING PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KARANGSALAM KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANIS NAFINGATUN NAJIFAH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING MELALUI POWERFULL ICE BREAKING PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KARANGSALAM KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran joyful learning melalui powerfull ice breaking dilakukan disetiap proses pembelajaran, pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran joyful learning dilakukan dengan enam teknik yaitu (1)mengawali dengan hal-hal menyenangkan (2)menggunakan komunikasi yang baik (3)guru menguasai keterampilan dasar mengajar (4)menggunakan media pembelajaran (5)menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan (6)belajar dengan melakukan/ learning by doing. Kegiatan powerfull ice breaking dilakukan pada saat awal pembelajaran atau sebelum melakukan kegiatan inti dengan menggunakan jeni ice breaking opnner. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran joyful learning melalui powerfull ice breaking pada anak usia dini di TK Pertiwi Karangsalam. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif model studi kasus. data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian guru selalu mengawali pembelajaran dengan memberikan salam, menerima salam dan melakukan kegiatan powerfull ice breaking dengan durasi 10-15 menit, dalam pembelajaran guru menggunakan keterampilan dasar mengajarnya dan tentunya menggunakan metode pembeajaran yang bervariasi. Untuk belajar sambil melakukan/ learing by doing dan media pembelajaran, guru menyesuaikan dengan tema pembelajaran yang ada di RPPH. Kegiatan pembelajaran joyful learning melalui powerfull ice breaking berjalan dengan baik dengan adanya dukungan guru yang menggunakan komunikasi yang baik. Kata kunci: Pembelajaran joyful learning, Powerfull Ice Breaking dan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Joyful Learning, Powerfull Ice Breaking, Anak Usia Dini
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anis Nafingatun Najifah sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:55
Last Modified: 11 Jul 2024 06:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item