Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto

Rachmi Dyah Auliya, Sananta (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rachmi Dyah Auliya Sananta_2017407015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki peserta didik untuk berpikir dalam menyelesaikan soal-soal matematika maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemahaman matematis menjadi kemampuan dasar untuk menunjang kemampuan matematis lain yang harus dikuasai peserta didik. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi kemampuan pemahaman matematis adalah penerapan model pembelajaran yang digunakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Probing-Prompting berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group desain. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VIII A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal tes untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa. Dari hasil uji t dengan independent sample t test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Probing-Prompting berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Selanjutnya, diambil dari hasil uji rata-rata N-Gain diperoleh bahwa hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen termasuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata sebesar 0,61, sedangkan hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol termasuk dalam kategori tidak efektif dengan rata-rata sebesar 0,32. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika berpengaruh serta efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Probing-Prompting, Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rachmi Dyah Auliya Sananta sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:51
Last Modified: 11 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25518

Actions (login required)

View Item View Item