NILAI-NILAI AKIDAH AKHLAK DALAM KITAB AR RAḤĪQ AL MAKHTŪM KARYA SHAFIYYUR RAHMAN AL-MUBARAKA FURI DAN AKTUALISASI PADA KURIKULUM PAI

WINDY, LIDYANINGSIH (2024) NILAI-NILAI AKIDAH AKHLAK DALAM KITAB AR RAḤĪQ AL MAKHTŪM KARYA SHAFIYYUR RAHMAN AL-MUBARAKA FURI DAN AKTUALISASI PADA KURIKULUM PAI. Masters thesis, UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tesis-Windy Lidyaningsih-224120600029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkambangan zaman yang tidak diimbangi dengan pengetahuan agama akan menimbulkan permasalahan, terutama dalam bidang sosial keagamaan. Dimana banyak kasus dergradasi moral yang sekarang terjadi. Berbicara mengenai degradasi moral tidak dapat dilepaskan dari peran pendidikan agama sebagai upaya pembentukan kepribadian seseorang. Oleh karena itu dibutuhkannya pemahaman mengenai aqidah akhlak seseorang melalui sosok yang mulia yaitu Nabi Muhammad SAW. Guna memperoleh gambaran mengenai perjalanan hidupa Nabi Muhammad SAW, dibutuhkan buku sebagai referensi bacaan. Salah satunya yaitu Ar Raĥīq al Makhtūm, dimana buku ini menjelaskan mengenai perjalanan hidup Nabi Muhammad dengan lengkap, singkat, dan jelas. Sehingga perlu diketahui tujuan dari penulisan yaitu guna mengetahui nilai-nilai akidah akhlak yang terkandung dalam Ar-Rahiqq al-Makhtum dan aktualisasinya pada Kurikulum PAI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Aqidah Akhlak dari al-Ghozali dan Sa’id Hawwa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kajian pustaka. Adapun hasil penelitian terdapat nilai pendidikan aqidah akhlak yang terkandung dalam kitab Ar Raĥīq al Makhtūm yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari akhir, tawakal, bersyukur, ikhlas, berperasangka baik kepada Allah, tolong menolong, persaudaraan, kedermawanan, saling menghargai, menghormati orang tua, amanah dan tabligh, menjaga alam. Aktualisasi nilai-nilai aqidah akhlak dalam kurikulum PAI yaitu pada materi pembelajaran serta kompetensi dasar yang dicapai baik dalam sikap spiritual, sikap sosial, maupun keterampilan dalam mengimplementasi di kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai akidah akhlak yang terkandung dalam kitab Ar Raĥīq al Makhtūm disampaikan mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah. Adanya pemahaman akidah seseorang dapat berpengaruh pada tindakan, perbuatan, sikap seseorang dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak, Ar Raĥīq al Makhtūm, Kurikulum PAI, Shafiyyur Rahman al-Mubaraka Furi
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.1 Zaman Nabi Muhammad saw
Depositing User: WINDY LIDYANINGSIH sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:48
Last Modified: 11 Jul 2024 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item