PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA

Tri Mutiara, Pradita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA. Skripsi thesis, UIN Prof, K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRI MUTIARA PRADITA_PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Patikraja dimana skor rata-rata tes pendahuluan kemampuan penalaran matematis yang telah dilakukan adalah 24,19. Media pembelajaran yang konvensional menjadikan siswa bosan dan tidak fokus saat pembelajaran sehingga mempengaruhi kemampuan penalaran matematis mereka. Oleh sebab itu, perlu dikembangkannya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kemajuan teknologi dimasa sekarang ini akan memudahkan dalam mengembangkan media pembelajaran menjadi lebih inovatif dan interaktif. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII pada materi kesebangunan. Metode penelitian yang digunakan paada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini media pembelajaran powerpoint interaktif dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dengan presentase rata-rata validator satu dan dua yaitu sebesar 86,5%. Media pembelajaran powerpoint interaktif juga terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dengan hasil dari uji independent sample t terhadap hasil post test diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena 0,000 lebih kecil dari batas taraf signifikansi sebesar 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif dengan pendekatan Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis materi kesebangunan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Patikraja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: owerpoint, Kemampuan Penalaran Matematis, Media Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tri Mutiara Pradita sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:54
Last Modified: 11 Jul 2024 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25481

Actions (login required)

View Item View Item