Vika, Oktaviani (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAGENTAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Vika Oktaviani_PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAGENTAN.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi merupakan elemen dasar dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kompetensi yang wajib dimiliki oleh siswa saat melakukan proses pembelajaran terutama di bidang matematika. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan komunikasi matematis maka peneliti memilih media pembelajaran digital berbasis konteks budaya melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran digital berbasis konteks budaya melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen, karena terdapat perlakuan/treatment yang diberikan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan N-Gain dan uji t. Berdasarkan dari uji t sampel independen terhadap nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,000 < 0,050, sehingga terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. Jadi terbukti bahwa media pembelajaran digital berbasis konteks budaya melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Konteks Budaya, Media Pembelajaran Digital, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Square |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Vika Oktaviani |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:56 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25479 |
Actions (login required)
View Item |