PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAGENTAN

Vika, Oktaviani (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAGENTAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Vika Oktaviani_PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAGENTAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan elemen dasar dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kompetensi yang wajib dimiliki oleh siswa saat melakukan proses pembelajaran terutama di bidang matematika. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan komunikasi matematis maka peneliti memilih media pembelajaran digital berbasis konteks budaya melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran digital berbasis konteks budaya melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen, karena terdapat perlakuan/treatment yang diberikan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan N-Gain dan uji t. Berdasarkan dari uji t sampel independen terhadap nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,000 < 0,050, sehingga terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan. Jadi terbukti bahwa media pembelajaran digital berbasis konteks budaya melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pagentan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Konteks Budaya, Media Pembelajaran Digital, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Square
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Vika Oktaviani
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:56
Last Modified: 11 Jul 2024 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25479

Actions (login required)

View Item View Item