MENAVIGASI ALAM TAK TERLIHAT: MEMAHAMI PENGALAMAN HIDUP DAN FAKTOR PENYEBAB PENYESUAIAN DIRI INDIGO SIBLINGS

Indah, Rizqiani (2024) MENAVIGASI ALAM TAK TERLIHAT: MEMAHAMI PENGALAMAN HIDUP DAN FAKTOR PENYEBAB PENYESUAIAN DIRI INDIGO SIBLINGS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INDAH RIZQIANI_MENAVIGASI ALAM TAK TERLIHAT MEMAHAMI PENGALAMAN HIDUP DAN FAKTOR PENYEBAB PENYESUAIAN DIRI INDIGO SIBLINGS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indigo adalah individu yang terlahir dengan kemampuan spiritual yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh manusia biasa. Kemampuan ini dapat berupa kemampuan spiritual, psikis, atau intelektual yang tinggi. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain, seperti melihat makhluk halus, berkomunikasi dengan alam semesta, dan mengetahui apa yang terjadi di tempat lain. Individu indigo memiliki kemampuan luar biasa, namun seringkali menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan mereka. Persepsi negatif dari masyarakat, seperti menganggap mereka aneh dan memiliki masalah kejiwaan, menjadi hambatan bagi mereka dalam bersosialisasi dan beradaptasi. Memahami pengalaman hidup dan faktor penyebab penyesuaian diri mereka menjadi penting untuk membantu mereka hidup bahagia dan sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan pengalaman hidup indigo siblings serta mengidentifikasi dan memahami faktor penyebab penyesuaian diri yang dihadapi indigo siblings. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan indigo siblings (kakak dan adik) dan informan pendukung (ibu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek indigo sudah mampu memahami konsep indigo dengan mendeskripsikan dirinya dan pengetahuannya tentang indigo lewat pengalamannya. Faktor penyebab indigo kedua subjek didapatkan dari faktor keturunan. Subjek DL memiliki tipe indigo konseptual, sedangkan SPR memiliki tipe indigo artis. Beberapa faktor yang memengaruhi penyesuaian diri mereka antara lain Faktor penyesuaian diri pribadi dan sosial, faktor kondisi fisik, tingkat perkembangan dan kematangan, kondisi psikologis, dan kondisi lingkungan. Indigo siblings memiliki perbedaan dalam pengalaman hidup dan penyesuaian dirinya. DL menunjukkan penyesuaian diri yang lebih baik dibandingkan SPR. DL memiliki pengalaman hidup yang lebih kompleks dan lebih siap dalam menghadapi berbagai rintangan dan stigma dibandingkan SPR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Indigo, Pengalaman Hidup, Penyesuaian Diri.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 130 Paranormal phenomena
100 Philosophy and psychology > 130 Paranormal phenomena > 131 Occult methods for achieving well-being
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Indah Rizqiani sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:56
Last Modified: 11 Jul 2024 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25471

Actions (login required)

View Item View Item