PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-HIKMAH 1 BENDA

Moch. Arinal, Khaq (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-HIKMAH 1 BENDA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Moch. Arinal Khaq_Pengaruh Model Pembelajaran STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas VII MTs Al-Hikmah 1 Benda..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Al-Hikmah 1 Benda. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah matematis melalui kegiatan mengumpulkan berbagai macam informasi yang diketahuinya kemudian membuat kesimpulan yang evaluatif dari informasi yang didapat. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan bahan ajar. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa maka peneliti disini menggunakan model pembelajaran STEM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Al-Hikmah 1 Benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs AlHikmah 1 Benda yang berjumlah 226 siswa. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian untuk menentukan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga diperoleh sampel dari penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dari nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol kemudian dicarai nilai N-Gain dan diperoleh hasil bahwa rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,8458 yang masuk pada kategori tinggi sedangkan nilai N-Gain pada kelas kontrol adalah sebesar 0,6907 yang masuk pada kategori sedang. Hasil uji t dalam penelitian ini diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis, yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STEM berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Al-Hikmah 1 Benda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran, STEM
Subjects: 000 Generalities > 010 Bibliography
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Moch. Arinal Khaq sdr
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:50
Last Modified: 11 Jul 2024 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25464

Actions (login required)

View Item View Item