STRATEGI PELAYANAN TRAVEL UMRAH DAN HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMA'AH UMRAH PADA PT. IMPRESSA MEDIA WISATA

AKHMAN, ROHIMAT (2024) STRATEGI PELAYANAN TRAVEL UMRAH DAN HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMA'AH UMRAH PADA PT. IMPRESSA MEDIA WISATA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AKHMAN ROHIMAT TESIS - Strategi Pelayanan Travel Umrah dan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Jama'ah Umrah pada PT. Impressa Media Wisata.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PT. Impressa Media Wisata (PT. IMW) is one of the national private companies that organizes Umrah and Hajj travel which has always succeeded in increasing the quantity of Umrah pilgrims every year since the start of operations in 2016 until now, where the highest point in the number of Umrah pilgrims occurred in 2022-2023. Based on credible sources of valid information and data, this is due to the service strategy. The aim of this research is to find out the service strategy of PT. IMW increased the number of Umrah pilgrims in those two years by basing its analysis on a number of service business theories and government regulations related to the implementation of Umrah travel. This research is classified as field research which is analyzed using a descriptive-qualitative method, where research data collection is carried out through observation, documentation, and interviews, while data analysis uses data reduction, data display, and verification. The results of this research indicate that the service strategy of PT. IMW in increasing the number of Umrah pilgrims is categorized as an excellent service strategy and focuses on fulfilling aspects of punctuality of departure for Umrah pilgrims which are part of New Normal Umrah travel program in 2022 and improving the quality of service in the transportation aspect contained in Promo Umrah travel program in 2023. The two Umrah travel programs are composed of the same service-forming elements, namely responsiveness, reliability, assurance, and empathy (partiality with users). The actualization of these four elements can be seen in terms of PT. IMW's special competence in collaborating with the official Umrah bureau in Saudi Arabia to ensure the departure time of its Umrah pilgrims, in terms of careful planning in improving the quality of its transportation services packaged in an attractive special Umrah travel program, and in terms of strong business capital. Keywords : Service Strategy, Umrah and Hajj Travel, Umrah Pilgrims, PT. Impressa Media Wisata. STRATEGI PELAYANAN TRAVEL UMRAH DAN HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMA’AH UMRAH PADA PT. IMPRESSA MEDIA WISATA AKHMAN ROHIMAT NIM. 224120100001 Email : [email protected] Pascasarjana Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK PT. Impressa Media Wisata (PT. IMW) adalah salah satu perusahaan swasta nasional penyelenggara travel umrah dan haji yang selalu berhasil meningkatkan kuantitas jama’ah umrahnya setiap tahun sejak awal beroperasi tahun 2016 hingga kini, dimana titik tertinggi jumlah jama’ah umrahnya terjadi pada tahun 2022-2023. Berdasarkan sumber informasi dan data valid yang kredibel, hal itu dikarenakan strategi pelayanannya. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pelayanan PT. IMW dalam meningkatkan jumlah jama’ah umrah pada kedua tahun tersebut dengan melandaskan penganalisaannya pada sejumlah teori pelayanan usaha jasa dan regulasi pemerintah yang terkait dengan penyelenggaraan travel umrah. Penelitian ini tergolong field research yang dianalisa dengan metode deskriptif-kualitatif, dimana pengumpulan data penelitiannya dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan analisis datanya menggunakan data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan PT. IMW dalam meningkatkan jumlah jama’ah umrah dapat dikategorikan sebagai strategi pelayanan prima dan menitikberatkan pada pemenuhan aspek ketepatan waktu pemberangkatan jama’ah yang menjadi bagian program travel Umrah New Normal tahun 2022 dan peningkatan kualitas pelayanan pada aspek transportasi yang terdapat dalam program travel Umrah Promo tahun 2023. Adapun kedua progam travel umrah tersebut tersusun dari elemen pembentuk pelayanan yang sama, yakni responsiveness (daya tanggap), realibility (kehandalan), assurance (jaminan/ kepastian), dan empathy (keberpihakan kepada pengguna). Aktualisasi dari keempat elemen ini dapat dilihat dari segi kompetensi khusus PT. IMW dalam bekerjasama dengan biro umrah resmi di Arab Saudi guna memastikan waktu keberangkatan jama’ah, dari segi perencanaan yang cermat dalam meningkatkan kualitas pelayanan transportasi yang dikemas dalam program travel umrah khusus yang menarik, dan dari segi modal usaha yang kuat. Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Travel Umrah dan Haji, Jama’ah Umrah, PT. Impressa Media Wisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Travel Umrah dan Haji, Jama’ah Umrah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: AKHMAN ROHIMAT sdr
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:21
Last Modified: 10 Jul 2024 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25441

Actions (login required)

View Item View Item