PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO

Setiaesti, Setiaesti (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SETIAESTI_PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Minat belajar merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karenanya minat belajar perlu dimiliki oleh peserta didik, namun tidak semua peserta didik memiliki minat belajar yang sama, ada beberapa yang minat belajarnya tinggi dan ada juga yang minat belajarnya rendah. Dengan demikian penelitian ini terkait dengan apakah ada perbedaan hasil belajar bahasa Arab ditinjau dari minat belajar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab semester 5 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, dengan jumlah sebesar 133 mahasiswa. Dari total tersebut diambil sampel dengan menggunakan rumus slovin, hingga ditemukan jumlah sebesar 57 mahasiswa. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya dari jawaban ke-57 mahasiswa yang menjadi responden dalam kuesioner, diketegorikan menjadi 2 jenjang, yakni mahasiswa dengan minat belajar kategori tinggi dan kategori rendah. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah uji t independen. Berdasarkan uji t independen didapatkan hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar bahasa Arab ditinjau dari minat belajar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab semester 5 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Arab, Perbedaan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Arab, Perbedaan Hasil Belajar.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Setiaesti Setiaesti sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:00
Last Modified: 10 Jul 2024 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25422

Actions (login required)

View Item View Item