Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Ruang terhadap Siswa Kelas VII MTs Al-Hidayah Purwokerto

Putri, Dwi Intan Melati (2024) Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Ruang terhadap Siswa Kelas VII MTs Al-Hidayah Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Intan Melati Putri_Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Ruang terhadap Siswa Kelas VII MTs Al-Hidayah Purwokerto.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai siswa. Karena, kemampuan ini merupakan dasar dari kemampuan-kemampuan matematis lainnya. Apabila tidak menguasai ini, siswa akan kesulitan dalam memahami materi, yang dapat berakibat terjadinya kesalahpahaman konsep serta kesulitan menyelesaikan soal dan permasalahan yang diberikan. Di MTs Al-Hidayah Karangsuci, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII cenderung masih rendah terutama dalam materi Bangun Ruang. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, sehingga membuat mereka tidak fokus dan tidak memerhatikan pembelajaran. Tentunya, media pembelajaran menarik sangat dibutuhkan agar siswa dapat menaruh perhatian lebih kepada pembelajaran yang disampaikan guru. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Karangsuci pada materi bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media Pop-Up Book valid dan layak digunakan dengan hasil persentase pada validasi ahli materi sebesar 95,5%, vahli media sebesar 80%, uji coba guru matematika sebesar 90,9%, uji coba kelompok kecil sebesar 89,33%, dan uji coba lapangan sebesar 89,75%. Kemudian, Pop-Up Book juga dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan rata-rata skor N-gain kelas eksperimen sebesar 0,7647 berkategori “Efektif” dan lebih baik dari rata-rata skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,5179 yang berkategori “Kurang Efektif”. Selanjutnya, dalam uji-t dua sampel bebas yang dilakukan mendapat signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 (taraf signifikansi), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pop-Up Book, Pemahaman Konsep Matematis, Bangun Ruang
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dwi Intan Melati Putri sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:06
Last Modified: 10 Jul 2024 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item