PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF CUSTOMER SERVICE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION

Risalatul, Muawanah (2024) PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF CUSTOMER SERVICE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Risalatul Muawanah_Peran Komunikasi Persuasif Customer Service Dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persaingan ketat dalam industri fashion anak-anak mendorong pebisnis untuk menawarkan produk berkualitas dan pelayanan unggul guna menarik dan mempertahankan pelanggan. Komunikasi persuasif oleh customer service menjadi faktor penting dalam memengaruhi keputusan pembelian. Namun, penyalahgunaan komunikasi persuasif dalam pemasaran, terutama di e-commerce, sering merusak kepercayaan konsumen. Melalui iklan menyesatkan dan klaim produk yang tidak benar, yang bertentangan dengan prinsip kejujuran dalam komunikasi Islam seperti qaulan Sadidan. Penelitian ini bertujuan memahami penerapan teknik komunikasi persuasif oleh customer service Zafinza Kids dan dampaknya terhadap keputusan pembelian pelanggan, serta mengeksplorasi penerapan prinsip komunikasi Islam dalam interaksi customer service untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan customer service dan pelanggan Zafinza Kids, serta observasi dan dokumentasi interaksi customer service dengan pelanggan. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pola-pola komunikasi persuasif yang digunakan dan mengevaluasi dampaknya terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran komunikasi persuasif customer service dalam keputusan pembelian produk fashion Zafinza Kids adalah menciptakan hubungan yang kuat dan positif antara pelanggan dengan Zafinza Kids melalui berbagai teknik komunikasi persuasif, seperti asosiasi, integrasi, icing, dan ganjaran, untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Mereka juga menerapkan prinsip-prinsip komunikasi Islam seperti qaulan sadida, qaulan baligha, dan qaulan ma'rufa. Selain itu, kualitas produk yang konsisten, model yang bagus, motif yang lucu, dan kecepatan pengiriman juga mendukung peningkatan penjualan. Dengan demikian, komunikasi persuasif yang efektif bersama faktor-faktor produk yang unggul berhasil meningkatkan penjualan dan membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan pelanggan. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Customer Service, Keputusan Pembelian, Prinsip Komunikasi Islam, Zafinza Kids.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Risalatul Muawanah sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:35
Last Modified: 10 Jul 2024 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25414

Actions (login required)

View Item View Item