KOMUNIKASI PERSUASIF PENGGEMAR BTS DALAM MENDORONG PARTISIPASI DONATUR PADA AKUN INSTAGRAM @army_indonesiaa

Dila Dwisalsa, Meilani (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF PENGGEMAR BTS DALAM MENDORONG PARTISIPASI DONATUR PADA AKUN INSTAGRAM @army_indonesiaa. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dila Dwisalsa Meilani_Komunikasi Persuasif Penggemar BTS Dalam Mendorong Partisipasi Donatur Pada Akun Instagram @army_indonesiaa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya teknologi dan media sosial, pengguna media sosial dapat lebih mudah mengakses informasi dan berinteraksi dengan fandom lainnya. Fandom K-Pop, seperti ARMY, menggunakan media sosial untuk berbagi informasi dan melakukan kegiatan sosial, seperti donasi dan acara galang dana. Meskipun beberapa fandom dianggap berlebihan dan fanatik terhadap idolnya, namun beberapa fandom lainnya seperti ARMY, menunjukkan loyalitas yang tinggi dengan melakukan kegiatan sosial yang positif seperti mengadakan kegiatan donasi untuk membantu sesama. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang dilakukan oleh ARMY Indonesia dalam mendorong pengikutnya untuk berdonasi melalui akun instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data dianalisa menggunakan reduksi data, analisa data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa tahapan komunikasi persuasif yang dilakukan yaitu Attention, Interest, Desire, Decision, dan Action. Kemudian bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan oleh ARMY Indonesia untuk mendorong partisipasi donatur yaitu melalui iklan pamflet, penguat media sosial dan kerja sama dengan menggunakan kalimat-kalimat yang dapat mempengaruhi calon donatur. Sedangkan teknik komunikasi persuasif yang digunakan ada beberapa yaitu, teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik tataan, teknik red-herring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persuasi, Donatur, ARMY, Instagram
Subjects: Tim PAK
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dila Dwisalsa Meilani sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:54
Last Modified: 10 Jul 2024 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item