PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MAHASISWA KERJA PARUH WAKTU DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI AKADEMIK DI UIN PROF. K.H. SAIFFUDIN ZUHRI PURWOKERTO (KERANGKA TEORI PROBLEM-SOLVING FOCUSED COPING)

Rizki, Nurhikmah (2024) PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MAHASISWA KERJA PARUH WAKTU DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI AKADEMIK DI UIN PROF. K.H. SAIFFUDIN ZUHRI PURWOKERTO (KERANGKA TEORI PROBLEM-SOLVING FOCUSED COPING). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizki Nurhikmah_PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MAHASISWA KERJA PARUH WAKTU DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI AKADEMIK DI UIN PROF.K.H. SAIFUDIN ZUHRI PURWOKERTO (KERANGKA TEORI PROBLEM-SOLVING FOCUSED COPING).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Transisi kehidupan yang signifikan selama masa kuliah sering kali menginspirasi mahasiswa untuk mencapai potensi maksimalnya, salah satunya adalah pekerjaan paruh waktu. Dari sudut pandang kemampuan, potensi tersebut bukanlah perkara mudah bagi individu. Hal ini memunculkan fenomena yang dikenal dengan mahasiswa berstatus ganda, atau mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dan solusi mahasiswa kerja paruh waktu dalam mempertahankan prestasi akademik agar tetap stabil dengan menggunakan teori problem-solving focused coping. Melalui metode deskriptif kualitatif peneliti menggali informasi kepada responden atas problematika yang dialami dan bagaimana responden tersebut memberikan solusi untuk masing-masing permasalahannya. Tempat penelitian dilakukan di UIN Prof. K.H. Saiffudin Zuhri Purwokerto dengan responden mahasiswa kerja paruh waktu tetap mempertahankan prestasi akademiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang membuat strategi sebelum bekerja sambil kuliah seperti mengatur diri, mengatur waktu dan mempersiapkan regulasi serta aktualisasi diri lebih bisa mengontrol pekerjaannya dan mempertahankan prestasi akademik dibandingkan dengan mahasiswa yang belum siap dalam mengatur waktu dengan baik antara bekerja dan kuliah. Bekerja paruh waktu tidak harus berarti mengorbankan prestasi belajar karena justru meningkatkan manajemen diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Paruh Waktu, Prestasi Akademik
Subjects: Tim PAK
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rizki Nurhikmah sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:34
Last Modified: 10 Jul 2024 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25405

Actions (login required)

View Item View Item