PROGRAM BINA DIRI UNTUK MENGEMBANGKAN RESILIENSI SISWA TUNAGRAHITA KELAS XII DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Icha, Mahesa (2024) PROGRAM BINA DIRI UNTUK MENGEMBANGKAN RESILIENSI SISWA TUNAGRAHITA KELAS XII DI SLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi ICHA MAHESA Fix Sah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Resiliensi ialah kemampuan dan keinginan individu untuk bisa menghadapi dan mengatasi masalah sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki keterbelakangan mental atau terdapat gangguan intelektual, sehingga mereka tidak bisa menyesuaikan diri dengan norma sosial yang berlaku, mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari serta dalam mengembangkan potensi seperti anak normal pada umumnya mengalami banyak hambatan dan rintangan. Bina diri merupakan salah satu program yang diberikan oleh guru kepada anak berkebutuhan khusus guna memberikan pelatihan dan pembinaan tentang aktivitas sehari-hari di Sekolah Luar Biasa (SLB). Bina diri di sini ialah bina diri yang membantu pembinaan dan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus tunagrahita untuk meningkatkan kemandirian anak mulai dari pengembangan aspek emosional, sosial, ketrampilan, pemahaman diri serta akademik. Oleh karena itu anak tunagtahita sangat membutuhkan bimbingan resiliensi tunagrahita melalui program bina diri guna mengembangkan potensi yang dimiliki secara mandiri serta sebagai bekal pengetahuan di masa depan. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan program bina diri untuk mengembangkan resiliensi yang dialami oleh siswa tunagrahita kelas XII di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga hingga tercapainya resiliensi untuk siswa tunagrahita di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian di lapangan dengan mengambil lokasi di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga. Adapun data yang diperoleh dari observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan pembelajaran program bina diri untuk mengembangkn resiliensi siswa tunagrahita yang di SLB Purba Adhi Suta Purbalingga berjalan dengan baik dan maksimal. Siswa tunagrahita dapat memahami, mengerti serta mampu mempraktikan secara langsung materi yang telah dijelaskan dan diberikan oleh guru dengan mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Bina Diri, Resiliensi, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bina Diri, Resiliensi, Tunagrahita
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Icha Mahesa sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:30
Last Modified: 10 Jul 2024 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25387

Actions (login required)

View Item View Item