NILAI AKHLAK PADA AKUN INSTAGRAM @WEEBS.ISLAMI MELALUI POSTINGAN ANIME (ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK

Rifqi, Hairani Ahmad (2024) NILAI AKHLAK PADA AKUN INSTAGRAM @WEEBS.ISLAMI MELALUI POSTINGAN ANIME (ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIFQI HAIRANI AHMAD_NILAI AKHLAK PADA AKUN INSTAGRAM @weebs.islami MELALUI POSTINGAN ANIME (Analisis Wacana Teun A. van Dijk).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini karena adanya masalah terhadap munculnya media baru. Pada media baru instagram tercipta pada hakekatnya untuk media hiburan bagi penggunanya. Sesuai dengan namanya yaitu insta yang berarti instan untuk mengirim foto dan video kapada khalayak luas. saking instannya menjadikan orang menyalahgunakannya sebagai hal yang tidak baik. Sepertihalnya untuk membagikan foto dan video negatif. Hal inilah yang membuat para pendakwah di instagram menjadi tergeser kontennya karena banyaknya konten negatif yang telah beredar. Tetapi ada sebuah akun instagram bernama @weebs.islami yang dimana ia menyebarkan dakwahnya dengan cara yang kratif yakni menggunakan anime supaya dakwah islam yang disampaikan tidak monotan dan lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu Agar mengetahui nilai akhlak yang ada pada akun instagram @weebs.islami melalui postingan anime dengan menggunakan analisis wacana milik van Dijk. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian, yakni akun instagram @weebs.islami dan objek penelitiannya adalah postingan yang mengandung nilai akhlak dakwah di akun @weebs.islami. Sumber primer penelitian berasal dari akun instagram @weebs.islami dan sekunder berasal dari sumber informasi lain. Metoode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis wacana milik Teun A. van Dijk. Hasil dari penelitian ini yakni pada akun tersebut terdapat wacana dakwah dengan cara membimbing, mengajak, memotivasi, dan mengubah pola pikir. Kelima postingan yang telah diteliti tiga diantaranya mengandung nilai akhlak kepada sesama manusia. lalu dua postingan lainnya mengandung nilai akhlak terhadap saang pencipta Allah SWT. Secara teks, dengan struktur makro (tematik) dari kelima postingan tersebut lebih menggunakan topik berupa masalah yang tersebut sering terjadi pada kehidupan tentang akhlak terhadap sang pencipta dan akhlak terhadap sesama manusia. Kemudian dikemas melalui anime, suara, dan berisi teks sehingga lebih menarik. Secara kognisi sosial, anime, suara, dan teks yang dihubungkan ini digunakan supaya kita bisa menangkap maksudnya untuk mengingat dan melakukan kebaikan baik kepada sang pencipta dan sesama makhluknya. Secara analisi sosial, dengan adanya akun @weebs.islami menjadikan pengikut dan khalayak selalu menunggu postingan dari akun tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Instagram, Akhlak, Anime, Analisis Wacana Teun A. van Dijk
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rifqi Hairani Ahmad sdr
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:55
Last Modified: 09 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25375

Actions (login required)

View Item View Item