STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA ISLAMDALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP)

HAERUL, LATIPAH (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA ISLAMDALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP). Masters thesis, UIN Prof. K.H.Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
tesis haerul (1)_merged.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Haerul Latipah, (224120400007) Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Islam dalam Membentuk Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap) Penyuluh Agama Islam memegang peran untuk menyampaikan pesan pembangunan dengan pendekatan dan bahasa agama. Salah satu program pembangunan tersebut ialah program “Bimbingan Membentuk Keluarga Sakinah” yang memiliki tujuan untuk menurunkan angka perceraian di Indonesia, sehingga menciptakan keluarga yang sakinah. Oleh karena itu Penyuluh Agama Islam memiliki tugas untuk menyampaikan pesan yang terdapat pada program tersebut kepada masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Penyuluh Agama Islam dalam membentuk keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, Penyuluh Agama Islam melakukan peran dalam membentuk keluarga sakinah melalui program “Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin untuk Membentuk Keluarga Sakinah” di Kantor Urusan Agama Kecamatan Majenang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dalam tugasnya Penyuluh Agama Islam melakukan pembinaan dan bimbingan di majelis ta’lim, bimbingan perkawinan dan pembinaan keluarga sakinah, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dengan metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demontrasi/keteladanan sebagai fungsi edukatif/informatif. Kemudian melaksakan fungsi konsultatif dengan metode silaturahmi (home visit) yaitu dengan metode konsultasi dan menjadi mediator sosial di masyarakat sebagai fungsi advokatif dengan metode diskusi atau musyawarah. Selanjutnya Strategi Komunikasi yang digunakan dalam bimbingan ini adalah komunikasi bimbingan kelompok dan komunikasi bimbingan individu. Dampak positif dari strategi komunikasi penyuluh agama dalam pembinaan keluarga Sakinah kepada calon pengantin di KUA Kecamatan Majenang antara lain: Penyuluh agama yang berkualitas dapat menyampaikan pesan agama dengan jelas dan relevan kepada calon pengantin serta memberikan panduan yang tepat sesuai dengan kebutuhan calon pengantin. Selain itu, keterbukaan dan kepercayaan calon pengantin. Keberhasilan strategi komunikasi penyuluh agama juga sangat bergantung pada keterbukaan dan kepercayaan calon pengantin terhadap penyuluh tersebut. Keterbukaan calon pengantin juga menciptakan kesempatan bagi penyuluh agama untuk memberikan nasihat yang relevan dan solusi yang sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh calon pengantin. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Penyuluh Agama Islam, Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Penyuluh Agama Islam, Keluarga Sakinah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Haerul Latipah sdri
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:12
Last Modified: 09 Jul 2024 08:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25370

Actions (login required)

View Item View Item