PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMAN 1 SUKADANA KABUPATEN CIAMIS

Sofia, Octavia Ahmad Yani (2024) PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMAN 1 SUKADANA KABUPATEN CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sofia Octavia Ahmad Yani_Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 1 Sukadana Kabupaten Ciamis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa sebagai generasi yang sangat penting untuk membantu memajukan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Oleh karena itu, siswa perlu untuk menerapkan sikap disiplin guna meningkatkan kualitas dan kemampuan dirinya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga, kedisiplinan dapat diterapkan guna membantu siswa memenuhi impian dan kesuksesan di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kedisiplinan siswa serta peran guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 1 Sukadana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan guru BK, wali kelas 12, orang tua siswa H, dan 3 siswa kelas 12. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk kedisiplinan siswa di SMAN 1 Sukadana ini berupa disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin beribadah. Peran guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan beberapa upaya diantaranya memberikan motivasi, memberikan nasehat, memberikan sanksi bagi siswa yang melakukan pelanggaran kedisiplinan, melaksanakan program kelas terdisiplin, dan melaksanakan home visit. Semua peran yang dilakukan oleh guru BK tersebut memiliki isi materi yang disesuaikan dengan hasil penelitian ini mengenai tidak bolos sekolah, menjadi manusia yang sukses, serta memiliki pribadi yang baik dan adanya kesadaran diri. Segala hal yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah berjalan dengan baik maka dilakukan beberapa tahapan diantaranya, teguran/peringatan untuk siswa agar tidak melakukan pelanggaran kedisiplinan, adanya keterlibatan wali kelas ketika terdapat siswanya yang melakukan pelanggaran, dan adanya keterlibatan orang tua untuk berbagi informasi terkait aktivitas siswa di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Kata Kunci: Peran, Guru BK, Kedisiplinan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru BK, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sofia Octavia Ahmad Yani sdr
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:06
Last Modified: 09 Jul 2024 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25355

Actions (login required)

View Item View Item