ANALISIS PESAN DAKWAH NING IMAZ FATIMATUZ ZAHRO DALAM CHANNEL YOUTOBE MAJT TV (EPISODE: RESEP MENJALANI METAMORFOSA DIRI SEJATI)

Siti Nur, Maisaroh (2024) ANALISIS PESAN DAKWAH NING IMAZ FATIMATUZ ZAHRO DALAM CHANNEL YOUTOBE MAJT TV (EPISODE: RESEP MENJALANI METAMORFOSA DIRI SEJATI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI NUR MAISAROH.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Pesan dakwah merupakan sesuatu yang disampaikan oleh da’i kepada mad’u. Media sosial YouTube menjadi inovasi terbaru dalam dunia dakwah di era modern. Akun YouTube MAJT TV adalah salah satu yang memanfaatkan platform ini sebagai media dakwah. Skripsi ini membahas pesan dakwah Ning Imaz dalam ceramah di channel YouTube MAJT TV yang bertema “Resep Menjalani Metamorfosa Diri Sejati” pada tanggal 31 Januari 2024. Fokus penelitian ini adalah isi pesan dakwah yang disampaikan oleh Ning Imaz di channel YouTube MAJT TV. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif yakni berupa kegiatan menganalisis isi pesan dakwah yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang lebih difokuskan pada pertanyaan apa dan bagaimana yang dalam penelitian ini metode analisis isi dipilih karena dapat menjelaskan tentang isi pesan dakwah dalam channel MAJT TV. Peneliti menggunakan jenis penelitian library research. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa video yang diunggah di channel Youtube MAJT TV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah melalui Youtube memiliki banyak keunggulan, seperti kesamaan sasaran, segmentasi yang sama, dan kesamaan kebutuhan. Melalui platform Youtube, pesan dakwah dapat tersampaikan secara efektif bagi pemilik channel. Salah satu video yang dibagikan oleh channel Youtube MAJT TV dengan tema “Resep Menjalani Metamorfosa Diri Sejati” berdurasi 26 menit 35 detik, mengandung tiga kategori dakwah: pesan dakwah Aqidah, Syariah, dan Akhlak. Kata Kunci : Pesan Dakwah, Analisis Isi, Ning Imaz, Youtube

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pesan Dakwah, Analisis Isi, Ning Imaz, Youtube
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SITI NUR MAISAROH sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:00
Last Modified: 11 Jul 2024 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item View Item