STRATEGI KOMUNIKASI PAGUYUBAN SENI EBEG WAHYU TURONGGO JATI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI DESA PABUARAN, PURWOKERTO

Rahma, Lutfianingtyas (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PAGUYUBAN SENI EBEG WAHYU TURONGGO JATI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI DESA PABUARAN, PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi Rahma Lutfianingtyas_Strategi komunikasi Paguyuban seni Ebeg Wahyu Turonggo Jati dlm Membangun Citra Positif di Ds Paburuan, Pwt.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi yang digunakan oleh Paguyuban Seni Ebeg Wahyu Turonggo Jati dalam upaya membangun citra positif Islam di Desa Pabuaran, Purwokerto. Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena meningkatnya pemahaman masyarakat tentang ajaran Islam yang salah dan cenderung negatif, seperti syirik dan radikalisme. Hal ini menyebabkan timbulnya persepsi dan citra yang kurang baik terhadap agama Islam di masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi organisasi keagamaan dalam upaya membangun citra positif di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Paguyuban Seni Ebeg Wahyu Turonggo Jati dalam membangun citra positif Islam di Desa Pabuaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi model Lasswell yang membahas unsur-unsur komunikasi, yaitu who, says what, in which channel, to whom, dan with what effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paguyuban Seni Ebeg Wahyu Turonggo Jati menerapkan strategi komunikasi yang efektif dalam membangun citra positif di Desa Pabuaran. Strategi tersebut meliputi penggunaan media komunikasi yang tepat, pembentukan hubungan yang harmonis dengan masyarakat, dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang diterapkan oleh paguyuban tersebut telah berhasil membangun citra positif masyarakat Islam di Desa Pabuaran. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Paguyuban Seni Ebeg Wahyu Turonggo Jati, Citra positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Komunikasi, Paguyuban Seni Ebeg Wahyu Turonggo Jati, Citra positif.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahma Lutfianingtyas sdri
Date Deposited: 06 Jul 2024 04:32
Last Modified: 06 Jul 2024 04:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25289

Actions (login required)

View Item View Item