PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS MA’ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS

Nurul, Latifah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS MA’ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURUL LATIFAH_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks pembelajaran, seorang pendidik memiliki kebebasan untuk memilih model pembelajaran yang cocok dengan keadaan dan karakteristik para peserta didik agar menciptakan suasana belajar yang efisien dan menyenangkan. Tujuan utama seorang guru adalah untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan harapan mereka akan memahami dan menyerap informasi yang disampaikan. Salah satu Model Pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok adalah Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Model CIRC merupakan model pembelajaran dalam pelaksanaannya adalah dengan membagi peserta didik ke beberapa kelompok untuk menyelesaikan tugas atau perintah dari guru dengan cara bekerja sama antara peserta didik dalam satu kelompok dengan kegiatan membaca, menulis, memahami dan menerapkan kandungan Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Kualitatif. Dalam penelitian, peneliti mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Temuan penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat berdampak positif dalam hasil belajar serta aktivitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Latifah sdri
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:50
Last Modified: 06 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item