HUBUNGAN BANTUAN PENDIDIKAN KARTU JAKARTA PINTAR PLUS TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA DI SMK NEGERI 18 JAKARTA SELATAN

Agil, Satrio Negoro (2024) HUBUNGAN BANTUAN PENDIDIKAN KARTU JAKARTA PINTAR PLUS TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA DI SMK NEGERI 18 JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AGIL SATRIO NEGORO_HUBUNGAN BANTUAN PENDIDIKAN KARTU JAKARTA PINTAR PLUS TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA DI SMK NEGERI 18 JAKARTA SELATAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sosial memberikan implikasi yang begitu kompleks terhadap kehidupan masyarakat di mana yang begitu terasa adalah kemiskinan, kemiskinan dapat memengaruhi tingkat kesejahteraan sosial masyarakat. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah demi meningkatkan kesejahteraan di masyarakat. Upaya konkret tersebut adalah alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang besar pada bidang pendidikan melalui skema bantuan sosial bidang pendidikan, implementasi ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menekan angka kemiskinan dengan memberikan bantuan pendidikan Kartu Jakarta Pintar Plus kepada peserta didik yang berlatar belakang tidak mampu. Kartu Jakarta Pintar Plus diharapkan memberikan dorongan terhadap upaya peningkatan kesejahteraan di keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai hubungan bantuan pendidikan Kartu Jakarta Pintar Plus terhadap kesejahteraan keluarga di SMK Negeri 18 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data-data berupa angka. Populasi penelitian berjumlah 420 siswa penerima Kartu Jakarta Pintar Plus tahap I Tahun 2023, dengan jumlah sampel 81 siswa. Penelitian ini menggunakan berbagai uji, yakni uji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis yang meliputi uji normalitas, koefisien determinasi dan t-test. Dengan hasil penelitian menggunakan uji t-test, di mana berdasarkan hasil perhitungan pengolahan data pada SPSS V16, thitung sebesar 1,303, jika dibandingkan dengan ttabel (df = 79) yaitu 1,292. Jadi, thitung > ttabel = 1,303 > 1,292, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil pengujian kedua variabel pada penelitian ini yaitu menolak hipotesis nol (H0) dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Maka, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, yakni Kartu Jakarta Pintar Plus terhadap kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Kartu Jakarta Pintar Plus, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Agil Satrio Negoro sdr
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:49
Last Modified: 06 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item