PERAN KOMUNITAS ASKARIRA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN SAPU (Studi Komunitas ASKARIRA Di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga)

Irfan, Nur Fauzi (2024) PERAN KOMUNITAS ASKARIRA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN SAPU (Studi Komunitas ASKARIRA Di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Irfan Nur Fauzi_PERAN KOMUNITAS ASKARIRA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN SAPU (Studi Komunitas ASKARIRA Di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Desa Kajongan terdapat salah satu komunitas atau kelompok pengrajin sapu yang bernama ASKARIRA (Asosiasi Kerajinan Kajongan Rayung, Ijuk, Rotan, Anyaman). Latar belakang berdirinya komunitas ASKARIRA ini adalah untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh para pengrajin dan untuk mempersatukan para pengrajin, serta untuk memajukan industri kecil kerajinan di Desa kajongan, baik dari segi kualitas produk, pemasaran, maupun kesejahteraan para pengrajinnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran yang dilakukan komunitas ASKARIRA dalam meningkatkan kesejahteran pengrajin sapu (studi komunitas ASKARIRA di Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan komunitas ASKARIRA dalam meningkatkan kesejahteraan pengrajin sapu yaitu sebagai pemungkin, sebagai penguat, sebagai pelindung, sebagai penyokong dan sebagai pemelihara. Kemudian melalui peran yang dilakukan oleh Komunitas ASKARIRA mampu memberikan dampak positif yang signifikan pada peningkatan kesejahteraan para pengrajin sapu, berupa peningkatan pendapatan yang membuat kebutuhan sehari-hari mereka mampu terpenuhi dan mayoritas pengrajin dapat memiliki tempat tinggalnya sendiri. Selain itu, kesehatan para pengrajin terjaga cukup baik dan para pengrajin pada umumnya sudah mampu mengakses pendidikan yang mereka inginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Komunitas ASKARIRA, Kesejahteraan, Pengrajin Sapu
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Irfan Nur Fauzi sdr
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:41
Last Modified: 06 Jul 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25278

Actions (login required)

View Item View Item