IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA KELOMPOK TANI TUNAS HARAPAN GUNA PENINGKATAN USAHA PRODUKSI KOPI GUNUNG SLAMET DESA PULOSARI, KECAMATAN PULOSARI, KABUPATEN PEMALANG

Safnah, Windi Astuti (2024) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA KELOMPOK TANI TUNAS HARAPAN GUNA PENINGKATAN USAHA PRODUKSI KOPI GUNUNG SLAMET DESA PULOSARI, KECAMATAN PULOSARI, KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Safnah Windi Astuti_Implementasi Etika Bisnis Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kelompok tani sebagai wadah organisasi dan bekerja sama antaranggota mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat tani, sebab segala kegiatan dan permasalahan dalam berusaha tani dilaksanakan oleh kelompok secara bersamaan. Dalam praktiknya, kelompok tani melakukan produksi pertama kali di Rumah Industri Kopi Gunung Slamet Dukuh Pulosari, Pemalang yang merupakan tempat produksi buah kopi yang diperjul-belikan dalam bentuk bubuk juga gelondong. Pendiri kopi gusel merupakan pencetus utama produksi kopi di wilayah Pemalang Selatan yang kemudian bisa berkembang di berbagai Desa yang ada di Kecamatan Pulosari. Dalam hal ini, suatu organisasi/kelompok tersebut berperan penting dalam pengembangan produksi yang harus diseimbangkan dengan syariat Islam. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data didapatkan dari data primer dan sekunder yang mana dilakukan dengan cara observasis serta wawancara kepada Pendiri Kopi Gusel yang merupakan ketua dari Kelompok Tani Tunas Harapan, Manajer Kopi Gusel dan Pegawai Kopi Gusel Pulosari, dimana mereka termasuk kedalam kelompok tani, dokumentasi, website, jurnal serta buku untuk mendapatkan informasi dan bukti dalam proses penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Industri Kopi Gunung Slamet Pulosari Kabupaten Pemalang, perilaku dalam berbisnis atau berdagang juga tidak luput dari adanya nilai moral atau nilai etika bisnis. Para pimpinan dan pelaku bisnis untuk mengintegrasikan dimensi moral ke dalam ruang lingkup bisnis. Seperti nilai-nilai syariah seperti keadilan, keterbukaan, kejujuran, kebersihan dan persaingan sehat yang merupakan nilai-nilai universal. Kata Kunci : Etika, Bisnis Islam, Pelaku Usaha, Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika, Bisnis Islam, Pelaku Usaha, Produksi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Safnah Windi Astuti sdri
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:21
Last Modified: 05 Jul 2024 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item