PERAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR PENDIDIKAN DI RA MIFTAHUL HUDA SELANDAKA BANYUMAS

Fatimatul, Azizah (2024) PERAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR PENDIDIKAN DI RA MIFTAHUL HUDA SELANDAKA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FATIMATUL AZIZAH_PERAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR PENDIDIKAN DI RA MIFTAHUL HUDA SELANDAKA BANYUMAS.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Admnistrasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap sekolah. Guru dan Kepala Sekolah memiliki peran sang sangat penting sebagai administrator agar proses pendataan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskikan peran guru dan kepala sekolah sebagai administrator Pendidikan di RA Miftahul Huda Selandaka. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian melibatkan guru dan kepala sekolah RA Miftahul Huda Selandaka. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi kegiatan peran guru dan kepala sekolah sebagai administrator Pendidikan di RA Miftahul Huda Selandaka, dan observasi langsung terhadap proses administrator pedidikan. Keabsahan data diperkuat melalui trianggulasi data dengan membandingkan informasi dari berbagai sumber uutuk memastikan keakuratan temuan dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa RA Miftahul Huda Selandaka telrdiri atas belbelrapa tahap yaitu Pelrelncanaan administrasi di RA Miftahul Huda Sellandaka yang dipelrankan ollelh guru diawali delngan pelmbuatan Prolta, Prolmels, RPPH, dan RPPM. Seldangkan pelrelncanaan yang dipelrankan ollelh kelpala selkollah belrupa selbagai selpelrvisi dan selbagai elducatolr. Pellaksanaan administrasi yaitu pellaksanaan pelmbuatan Prolta, Prolmels, RPPM, RPPH, pelnilaian harian siswa, abselnsi kellas, mutasi siswa, pelngawasan kelpala selkollah, melngikuti prolgram pelngelmbangan diri yang disellelnggarakan ollelh pelmelrintah. Administratolr pelndidikan yang dipelrankan ollelh guru dan kelpala selkollah di RA Miftahul Huda Sellandaka sudah terlaksana selsuai standar dan pelrelncanaan yang tellah disusun dan belrbagai pellaksanaan prolgram kelgiatan yang melnunjang kualitas selkollah. Kata kunci: peran guru dan kepala sekolah, administrator pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: peran guru dan kepala sekolah, administrator pendidikan.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FATIMATUL AZIZAH sdri
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:03
Last Modified: 05 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item