PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KETANGGUNG KECAMATAN SAMPANG

NELI MALIKHATUN, MEGA (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KETANGGUNG KECAMATAN SAMPANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Neli_Malikhatun_Mega_1717402237[1].pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada diri manusia, terutama dalam karakter religius yang harus tertanamkan dalam peserta didik agar menjadi insan kamil dan memliki akhlak dan perilaku yang baik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di SD Negeri Ketanggung Kec. Sampang. SD Negeri Ketanggung merupakan sekolah yang bukan berlatar belakang agama, tetapi suasana religius tidak kalah dengan Madrasah Ibtidaiyyah pada umumnya. Semua terbukti dengan adanya sholat berjamaah, tertibnya sholat dhuhur berjamaah, Pembacaan suratan pendek, asmaul husna sebelum dilaksanakannya pembelajaran. Selain itu juga adanya kegiatan kultum secara bergiliran setiap habis sholat dhuhur. Hafalan juz ‘amma yang sudah di targetkan berdasarkan tingkatan kelas. Adanya pembiasaan sholat dhuha secara berjamaah yang laksanakan setiap hari Jum’at. Terbentuknya karakter tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius peserta didik di SD Negeri Ketanggung kec. Sampang yaitu : pengajar, pendidik, teladan, pendorong keimanan, sumber belajar, fasilitator, pengelola kelas, pembimbing, motivator. Faktor pendukung : a. Kurikulum sudah menggunakan kurtilas revsi 2017 b. Faktor keluarga c. Lingkungan sekitar sekolah dan tata tertib sekolah. d. Lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik. e. Pendekatan guru kepada siswa. Faktor penghambat : a. latar belakangnya dari keluarga broken home lalu pergaulan yang kurang bagus sesama teman. b. Perbedaan golongan NU dan Muhammadiyah c. sikap dan perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Karakter Religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neli Malikhatun Mega sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:00
Last Modified: 04 Jul 2024 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25207

Actions (login required)

View Item View Item