MAKNA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM AKUN INSTAGRAM @JARINGANGUSDURIAN (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

LUTFI, ROHMAWATI (2024) MAKNA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM AKUN INSTAGRAM @JARINGANGUSDURIAN (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTFI ROHMAWATI_MAKNA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM AKUN INSTAGRAM @JARINGANGUSDURIAN (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era digital yang mengalami kemajuan pesat seperti sekarang, tidak hanya masyarakat umum yang menggunakan instagram, tetapi juga para pendakwah muslim dari berbagai organisasi islam. Salah satu organisasi terbesar di Indonesia adalah NU, yang didalamnya terdapat komunitas atau organisasi yang aktif menggunakan media sosial instagram yakni Komunitas Jaringan Gusdurian. Akun instagram @jaringangusdurian merupakan bagian dari Komunitas Jaringan Gusdurian yang bersifat terbuka, mendukung dan meneladani nilai, pemikiran serta karakter dari tokoh Gus Dur serta menolak deskriminasi, kebencian, dan permusuhan dalam ranah politik praktis. Tujuan dari akun ini adalah untuk menghidupkan warisan intelektual dan moral, serta menyebarkan pesan dakwah melalui desain komunikasi visual berupa potingan yang menarik dan memiliki makna tersirat didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang makna desain komunikasi visual pada akun instagram @jaringangusdurian sebagai sarana dakwah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure yang digunakan untuk menyelididki tanda-tanda secara menyeluruh termasuk isi dan maknanya melalui elemen-elemen seperti tipografi, ilustrasi/fotografi, simbol dan warna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah melalui desain komunikasi visual dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure pada akun instagram @jaringangusdurian terdapat pemaknaan terhadap tanda disetiap postingan yang diteliti. Tanda tersebut menyampaikan pesan politik, kemanusiaan atau politik yang menolak diskriminasi, kebencian, dan permusuhan dalam ranah politik praktis dengan tetap berpegang teguh pada sembilan prinsip, serta terdapat ciri khas ilustrasi atau fotografi dari tokoh Gus Dur. Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Media Sosial, @jaringangusdurian, Semiotika, Ferdinand de Saussure.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Media Sosial, @jaringangusdurian, Semiotika, Ferdinand De Saussure
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lutfi Rohmawati sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:07
Last Modified: 04 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item