PEMBERITAAN BAI’AT NU USTADZ HANAN ATTAKI PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM

LIN, SURUROH (2024) PEMBERITAAN BAI’AT NU USTADZ HANAN ATTAKI PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LIN SURUROH_PEMBERITAAN BAI’AT NU USTADZ HANAN ATTAKI PADA MEDIA ONLINE DETIK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berita diartikan sebagai suatu laporan kejadian secara faktual yang (sedang terjadi atau baru saja terjadi). Bai’at adalah proses perjanjian antar kedua belah pihak untuk tetap patuh dan taat kepada pemimpin dengan suatu keadaan yang akan dihadapi baik itu susah ataupun senang dan tidak menentangnya serta menyerahkan urusan kepadanya. Keberadaan media online yang berbasis telekomunikasi dan multimedia memiliki manfaat yang sangat besar dengan memudahkan masyarakat ketika mengakses informasi dimana saja dan kapan saja tidak terbatas jarak. Media online Detik.com menjadi media online yang banyak memberitakan Bai'at Ustadz Hanan Attaki. Tujuan penelitian yaitu untuk menguraikan struktur dimensi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan data pemberitaan baiat NU Ustadz Hanan Attaki pada media online Detik.com. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan observasi, teknik studi pustaka (library research) dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa teks wacana pemberitaan Bai'at NU Ustadz Hanan Attaki pada media online Detik.com, pada struktur tematik terlihat detik.com memberitakan terkait respon dari para tokoh agama. Pada skematik terdapat elemen lead, subkategori situasi dan subkategori komentar. Pada struktur (semantik, sintaksis, stilistik dan retoris) tampak beberapa kata yang dipilih sebagai bentuk penekanan dan mempertegas informasi. Terdapat elemen grafis yang digunakan untuk memperkuat gagasan. Pada dimensi kognisi sosial, mental wartawan memiliki unsur pengaruh dalam memproduksi berita, dari segi judul yang berbeda-beda membuktikan cara wartawan memandang, menyikapi dan menilai bai'at Hanan Attaki dengan pro dan meragukan. Dalam dimensi konteks sosial media Detik.com pada wacana Van Dijk terdapat akses mempengaruhi wacana bahwa keputusan yang dilakukan oleh Ustadz Hanan Attaki memliki respon yang beragam, baik itu respon positif dan respon negatif dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: analisis wacana kritis, pemberitaan, Bai'at, Ustadz Hanan Attaki, media online Detik.com.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.25 Kritik Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LIN SURUROH sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:23
Last Modified: 04 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25199

Actions (login required)

View Item View Item