ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS TOKOH KHADIJA DALAM FILM "MERINDU CAHAYA DE AMSTEL" DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Syarifa, Dwi Yuniarti (2024) ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS TOKOH KHADIJA DALAM FILM "MERINDU CAHAYA DE AMSTEL" DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Syarifa Dwi Yuniarti_Analisis Nilai-Nilai Religius Tokoh Khadija dalam Film Merindu Cahaya de Amstel dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Isu problematika utama dalam pendidikan adalah pembentukan karakter dan akhlak. Pada saat ini, ada banyak kemudahan dalam bidang digitalisasi yang membuat generasi sekarang lebih memilih beralih pada teknologi. Media film dapat menjadi cara alternatif dalam menyampaikan nilai religius dan pendidikan Islam dengan melihat karakter tokoh dalam film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai religius tokoh Khadija dalam film “Merindu Cahaya de Amstel” dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan, metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan metode analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai religius tokoh Khadija dalam film Merindu Cahaya de Amstel terdiri dari aspek keimanan (Tauhid) yang meliputi kriteria iman kepada Allah ditunjukan tokoh Khadija yang yakin memeluk Islam; takwa kepada Allah ditunjukan tokoh Khadija yang tetap teguh menutup auratnya dengan hijab; dan tobat ditunjukan tokoh Khadija yang memiliki keinginan untuk berubah jadi baik. Aspek norma kehidupan (Fikih) meliputi kriteria tindakan halal yaitu tolong menolong, bekerja keras, dan rasa empati; kriteria tindakan haram yaitu larangan bunuh diri; kriteria makruh yaitu larangan bepergian sendiri; kriteria sunat yaitu menjenguk orang sakit; dan kriteria mubah yaitu berolahraga ditunjukan tokoh Khadija yang suka bersepeda. Aspek perilaku (Akhlak) meliputi kriteria sabar, rendah hati, tawakal, jujur, ikhlas dan disiplin. Adapun relevansi nilai-nilai religius tokoh Khadija dalam film Merindu Cahaya de Amstel dengan pendidikan Islam yang berkaitan pada sisi materi diantaranya pendidikan keimanan, pendidikan moral atau akhlak, pendidikan jasmani, pendidikan rasio, pendidikan kejiwaan atau hati nurani, pendidikan sosial atau kemasyarakatan dan pendidikan seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius; Film "Merindu Cahaya de Amstel"; Pendidikan Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarifa Dwi Yuniarti sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:49
Last Modified: 04 Jul 2024 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25183

Actions (login required)

View Item View Item