MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI SEBAGAI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 1 KUTASARI PURBALINGGA

Annisa, Nadhifah Salsabila (2024) MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI SEBAGAI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 1 KUTASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Annisa Nadhifah Salsabila_Manajemen Kelas Pembelajaran Diferensiasi sebagai Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP N 1 Kutasari Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen penting yang dapat membantu proses pembelajaran di kelas adalah manajemen kelas. Manajemen kelas sangat penting untuk menciptkan kondisi suatu kelas menjadi lingkungan belajar yang baik dan dengan begitu tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Ketidakmampuan guru dalam mengelola kelas akan berbanding lurus dengan kegagalan seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menciptakan pembelajaran yang optimal salah satunya yaitu melalui pendekatan diferensiasi pembelajaran. Hal ini didasari pada perbedaan setiap siswa dalam beberapa hal seperti kemampuan, minat, gaya belajar, dan latar belakang kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan manajemen kelas, rancangan pembelajaran diferensiasi dan penerapan manajemen kelas pembelajaran diferensiasi pada kurikulum merdeka. Lokasi yang diteliti ialan SMP N 1 Kutasari Purbalingga. Dengan subjek penelitian meliputi waka kurikulum, guru penggerak dan wali kelas. Hasil penelitian mengenai manjemen kelas pembelajaran sebagai penerapan kurikulum merdeka di SMP N 1 Kutasari Purbalingga, yaitu: 1) rancangan manajemen kelas diawali dengan melakukan diagnosis kebutuhan, minat, bakat dan kesiapan peserta didik dalam pembelajaran. 2) rancangan pembelajaran diferensasi di SMP N 1Kutasari Purbalingga dilakukan oleh guru dengan memetakan kebutuhan peserta didiknya dengan asesmen, yang kemudian dari hasil asesmen tersebut guru akan menyusun diferensiasi pembelajaran di kelas. 3) penerapan manajemen kelas di SMP N 1 Kutasari Purbalingga sudah dilakukan dengan baik dengan menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Manajemen Kelas, Pembelajaran Diferensiasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Annisa Nadhifah Salsabila sdri
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:27
Last Modified: 03 Jul 2024 08:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25155

Actions (login required)

View Item View Item