EFEKTIVITAS PENYALURAN ZAKAT PRODUKTIF DI LAZNAS AL-IRSYAD PURWOKERTO DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK

Tri, Astuti (2024) EFEKTIVITAS PENYALURAN ZAKAT PRODUKTIF DI LAZNAS AL-IRSYAD PURWOKERTO DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tri, Astuti (2024) EFEKTIVITAS PENYALURAN ZAKAT PRODUKTIF DI LAZNAS AL-IRSYAD PURWOKERTO DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan menjadi salah satu masalah utama dan senantiasa muncul di setiap negara, dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, obat-obatan dan tempat tinggal. Kemiskinan yang terjadi di sebuah negara dengan sumber daya alam yang melimpah bahkan penduduk mayoritas beragam Islam merupakan suatu keprihatinan. Didalam agama Islam, manusia diajarkan untuk dapat menjaga keseimbangan dan kesetaraan hidup baik kepentingan dunia maupun akhirat. ZISWAF menjadi instrumen Islam untuk memastikan keseimbangan ekonomi masyarakat. Salah satu kebijakan yang diberikan pemerintah dalam menyelesaikan masalah kemiskinan yaitu memberikan peluang kepada lembaga-lembga pengelola zakat seperti halnya LAZNAS Al-Irsyad Purwokerto, terutama dalam pemanfaatan zakat produktif demi peningkatan kesejahteraan mustahik diadakan program DAYAMAS guna memberi edukasi pada masyarakat terkait pengetahuan agama, kesehatan dan ketrampilan, sehingga pengelolaan zakat produktif dapat dikelola sesuai dengan skill dan kemampuan mereka agar terarah dan lebih maksimal, dalam hal ini keterlibatan masyarakat di desa-desa binaan berperan sebagai target penyelenggara program dapat digunakan sebagai parameter bahwa kegiatan tersebut telah efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas zakat produktif di LAZNAS Al-Irsyad Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyaluran zakat produktif dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi mustahik yang dilakukan oleh LAZNAS Al-Irsyad Purwokerto yaitu dengan memberikan bantuan modal usaha dan sarana usaha sesuai dengan kebutuhan mustahik. Penyaluran zakat produktif telah berjalan dengan baik dan mustahik yang mendapatkan zakat produktif mampu meningkatkan perekonomian melalui penambahan usaha produktif yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Zakat Produktif, Kesejahteraan Ekonomi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.1406 Manajemen Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Tri Astuti sdri
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:47
Last Modified: 04 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25143

Actions (login required)

View Item View Item