ANALISIS FAKTOR KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEDUNGBANTENG

Estri, Mulya Ningsih (2024) ANALISIS FAKTOR KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ESTRI M.N Fiks.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ANALISIS FAKTOR KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DI MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KEDUNGANTENG ESTRI MULYA NINGSIH NIM. 1717405103 Abstrak: Konsentrasi belajar adalah salah satu aspek penting dalam proses pendidikan, karena berhubungan langsung dengan efektivitas pembelajaran dan hasil akademik yang dicapai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor konsentrasi belajar siswa kelas 3 di MI Ma’arif NU Karangnangka Kedungbanteng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan disajikan dalam bentuk deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU Karangnangka Kedungbanteng. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru kelas III, siswa kelas III MI Ma’arif NU Karangnangka Kedungbanteng. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, survei, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneilitian ini adalah model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memiliki pengaruh paling tinggi adalah metode pembelajaran yang menarik dengan presentase 19% dan faktor lainnya dengan presentase 22%. Kata Kunci: Faktor, Konsetrasi, Belajar. ANALYSIS OF THE CONCENTRATION FACTORS OF 3RD GRADE STUDENTS IN MI MA'ARIF WHO KARANGNANGKA KEDUNGANTENG. ESTRI MULYA NINGSIH NIM. 1717405103 Abstract: Learning concentration is one of the important aspects in the educational process, as it is directly related to the effectiveness of learning and the academic results achieved by learners. This study aims to determine the concentration factor of learning Grade 3 students in MI ma'arif NU Karangnangka Kedungbanteng. The type of research used in this study is Field research (field research) and presented in descriptive form using a qualitative approach. The location studied is MI ma'arif NU Karangnangka Kedungbanteng. Subjects were head of madrasah, third grade teacher, third grade student MI ma'arif NU Karangnangka Kedungbanteng. Data collection techniques used in this study are observation, survey, interview, and documentation. Data analysis techniques used in this study are Miles and Hubberman models, namely data reduction, data presentation, and verification. The results showed that the factors that have the highest influence is an interesting learning method with a percentage of 19% and other factors with a percentage of 22%. Keywords: Factor, Concentration, Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor, Konsetrasi, Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Estrin Mulya Ningsih sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:16
Last Modified: 04 Jul 2024 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item View Item