ANALISIS PELUANG PANGSA PASAR BARANG REJECT DITINJAU DARI PRESPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS ELING KONVEKSI DI DESA LOSARI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS)

Livtiana Ayu, Wulandari (2024) ANALISIS PELUANG PANGSA PASAR BARANG REJECT DITINJAU DARI PRESPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS ELING KONVEKSI DI DESA LOSARI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LIVTIANA AYU WULANDARI_ANALISIS PELUANG PANGSA PASAR BARANG REJECT DITINJAU DARI PRESPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS ELING KONVEKSI DI DESA LOSARI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dunia fashion pada saat ini mulai berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan zaman. Banyak dari kalangan masyarakat demi untuk mengikuti trend mereka lebih memilih barang yang murah dan terjangkau namun masih memiliki kualitas yang cukup bagus seperti halnya barang reject. Dengan adanya hal ini, dapat menimbulkan peluang pasar yang cukup bagus namun harus tetap memperhatikan etika bisnis islam. Barang reject sendiri merupakan produk yang tidak memenuhi kualitas dan memiliki mutu yang kurang bagus karena adanya cacat pada bagian tertentu namun masih bisa digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peluang pangsa pasar barang reject dan bagaimana pandangan etika bisnis islam pada penjualan barang reject. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulam datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari wawancara dengan pemilik eling konveksi dan karyawan. Data sekunder penelitian ini bersumber dari buku, jurnal, website dan artikel. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penjualan barang reject yang dilakukan oleh eling konveksi memiliki peluang pangsa pasar yang cukup luas, dikarenakan minat beli konsumen terhadap produk yang cukup tinggi. Untuk meningkatkan pangsa pasar barang reject eling konveksi melakukan startegi pemasaran yang terdiri dari segmentasi, targeting dan positioning. Dalam penjualannya eling konveksi sudah sesuai dengan etika bisnis islam yaitu menerapkan sikap kejujuran dengan selalu menjelaskan kondisi dan kekurangan dari barang yang dijualnya serta menerapkan sikap amanah kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pangsa Pasar, Barang Reject, Etika Bisnis Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: LIVTIANA AYU WULANDARI sdri
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:23
Last Modified: 03 Jul 2024 06:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25129

Actions (login required)

View Item View Item