PENGARUH MEDIA E-KOMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV DI SD N 1 MIPIRAN PADA MATERI BANGUN DATAR

Sri, Andani (2024) PENGARUH MEDIA E-KOMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV DI SD N 1 MIPIRAN PADA MATERI BANGUN DATAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sri Andani_Pengaruh Media E-Komika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Di SD N 1 Mipiran Pada Materi Bangun Datar.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah tujuan dasar pembelajaran matematika. Dengan pemahaman konsep siswa dapat menjelaskan, menguraikan dan menjelaskan dengan bahasanya sendiri serta mampu mengaitkan antara konsep suatu dengan konsep lainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika. Media adalah sarana untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang digunakan adalah media e-komika. Media e-komika adalah media yang menyajikan gambar-gambar.Dapat dikatakan bahwa, media ini cocok digunakan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media e-komika berbasis kontekstual dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV di SD N 1 Mipiran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari 2 variabel yaitu variable bebasnya adalah media e-komika sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV dan sampelnya adalah siswa kelas IV A & IV B SD N 1 Mipiran. Pengumpulan penelitian menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan N-Gain Score. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,3512 yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,2068 yang termasuk dalam kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-komika berbasis kontekstual cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV di SDN 1 Mipiran pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media E-komika, Pemahaman konsep siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Andani sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:04
Last Modified: 03 Jul 2024 06:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item