PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN PRUWATAN 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Moh. Rama, Ilhami (2024) PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN PRUWATAN 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Moh. Rama Ilhami_Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Pruwatan 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti tentang degradasi moral peserta didik di dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar karena kurangnya kesadaran pendidik dalam penanaman nilai-nilai Pancasila. Proses pembenahan moral peserta didik harus dilakukan dengan sadar sejak dini agar kesadaran terbentuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru pai dan budi pekerti dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri Pruwatan 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, Pada saat mengimplementasikan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ada empat peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti yaitu sebagai teladan, fasilitator, motivator, evaluator. Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah yang diselidiki terlibat secara aktif dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang dipimpin oleh guru PAI-BP membuktikan efektivitasnya dalam memperkuat karakter siswa. Guru PAI-BP menggunakan beragam metode pengajaran inovatif, termasuk diskusi kelompok, studi kasus, dan proyek kolaboratif, yang terbukti meningkatkan keterlibatan siswa dan mendalamkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Rama Ilhami sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:41
Last Modified: 03 Jul 2024 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25114

Actions (login required)

View Item View Item