PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY REBANA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (Studi Terhadap Home Industry Rebana di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Brebes)

Afik, Akhsan (2024) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY REBANA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (Studi Terhadap Home Industry Rebana di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Brebes). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AFIK_AKHSAN_MAULANA_Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Rebana Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial (Studi Terhadap Home Indsutry Rebana di Desa Kaliwadas, Kecamatan, Bumiayu, Brebes).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan ekonomi merupakan usaha untuk memotivasi, mendorong serta menyadarkan masyarakat akan potensi yang dimiliki, dan upaya untuk mengembangkan potensi tersebut dengan kata lain pemberdayaan ekonomi bertujuan merubah struktur ekonomi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. Home industry rebana di Desa Kaliwadas merupakan salah satu dari banyaknya penghasil rebana di wilayah Jawa Tengah yang terletak di Desa Kaliwadas yang memiliki keunikan tersendiri dibanding home industry lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menggambarkan proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh home industry rebana melalui para pengrajin dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan atau (field research). Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan tujuan untuk menggambarkan informasi secara lebih mendalam. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan oleh home industry rebana di Desa Kaliwadas telah terlaksana dengan baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan sosial hal ini dibuktikan melalui tiga tahapan proses pemberdayaan yaitu tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi pengetahuan dan keterampilan, tahap pendayaan atau peningkatan kemampuan intelektual. Adapun peningkatan kesejahteraan sosial yang dicapai meliputi pendidikan, kesehatan, pendapatan/gaji, memiliki rumah dan fasilitas, serta taraf hidup dan pola konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Home Industry, Kesejahteraan sosial
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Afik Akhsan Maulana sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:15
Last Modified: 03 Jul 2024 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25104

Actions (login required)

View Item View Item